Ganti Baterai Jam Casio di Service Center Resmi

 

Casio SGW-100

Jam Casio SGW-100 yang sudah menemani bertahun-tahun, tiba-tiba mati. Sempat kepikiran, "Ah, pasti cuma habis baterai, gampanglah ganti sendiri." 


Tapi setelah melihat di YouTube, ternyata prosesnya nggak sesederhana itu. Daripada bongkar sendiri terus jadi malah nggak karuan dan nggak nyala, akhirnya saya memutuskan untuk membawanya ke service center resmi Casio.

 

Mencari Service Center

Langkah pertama adalah mencari service center Casio terdekat. Di Jakarta, letaknya ada di Menara Cakrawala lantai dasar sebelah resto Subway. Kendaraan bisa parkir di Djakarta Theater.

 

Saya langsung menuju ke sana dengan hati yang sedikit was-was. Kalau bukan baterainya yang habis, apa harus beli baru. Wah keluar duit lagi dong?

 

Sampai di Service Center

Sesampainya di sana, saya disambut oleh petugas yang ramah. Segera ambil nomor antrean, tapi karena masih sepi jadi langsung dilayani. Dia langsung memeriksa jamku dan menjelaskan prosedur penggantian baterai beserta tarifnya. Prosesnya memang nggak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa komponen yang harus dilepas dengan hati-hati agar tidak merusak jam.

 

Menunggu Proses Penggantian

Setelah jam diterima, saya diminta untuk menunggu sekitar 30 menit. Sambil menunggu, saya menyempatkan diri melihat beragam jam Casio yang dijual sana. Ternyata, selain service center resmi Casio, tempat ini juga menjual jam Casio, dengan G-Shock yang paling banyak variannya.

 

Pengambilan Jam

Setelah 30 menit berlalu, petugas memanggil nama saya. Jam sudah kembali berfungsi seperti sedia kala. Baterainya sudah diganti dengan yang baru, kacanya yang terlihat berembun sudah dibersihkan, dan seal-nya diganti dengan yang baru.

 

Biaya dan Kepuasan

Untuk biayanya sendiri, ya memang mahal. Sebab jika dilihat dari harga baterainya sendiri, untuk baterai seri CR2025 di toko online paling mahal Rp30.000. Sementara di service center harganya Rp120.000, plus biaya service Rp50.000, dan seal baru Rp25.000. Totalnya Rp195.000.

 

Oh ya, kata petugasnya, kalau bawa kartu garansinya biaya jasa service-nya jadi gratis.

 

Dengan mengikuti tips ini, kamu bisa mempersiapkan diri sebelum pergi ke service center. Semoga pengalamanmu juga menyenangkan seperti pengalaman yang saya alami.

Lebih baru Lebih lama