Masyarakat Indonesia yang Kurang Hiburan

ilustrasi banjir
Image by Linda Russ from Pixabay 


Baru-baru ini telah terjadi musibah di Situ Gintung, dimana sebuah tanggul jebol dan menggilas pemukiman di sekitarnya kayak tsunami versi kecil. Turut berduka buat para korbannya. 


Tapi gue bukan mau membicarakan masalah musibah itu. Gue mau membicarakan tentang masyarakat Indonesia yang kurang hiburan. Apa hubungan antara hiburan dengan musibah itu? 


Kalau lo lihat di TV, setelah kejadian bencana itu banyak banget warga yang datang ke area bencana buat lihat-lihat atau nonton. Bahkan di koran gue baca, sampai ada keributan antara warga yang mau masuk ke situ sama pihak penjaga dari ormas. 


Pada ngapain sih orang-orang pada ke situ? Udah jelas itu daerah bencana, banyak yang sengsara, banyak korban yang belum ditemukan jasadnya. Kok pada malah main-main ke situ? Emangnya itu area wisata? 


Gue ngga habis pikir ama orang-orang kayak gitu. Apakah mereka sudah benar-benar haus akan hiburan atau bagaimana? Sampai wilayah bencana ditonton juga. 


Ngga hanya bencana, di jalanan pun juga gitu. Kalau misalnya ada yang kecelakaan atau ada orang yang ribut karena serempetan, pasti banyak deh yang berhenti buat nonton. Mending kalo ikut nengahin atau nolongin, yang ada cuma liaaattt aja ga ngapa-ngapain. Bukannya bantu malah bikin jalanan jadi tambah macet. 


Ngga hanya sampai disitu, di daerah Pasar Rumput gue pernah lihat lebih aneh lagi. Waktu itu Kali Manggarai kan lagi diuruk sampahnya pake ekskavator. Nah itu juga banyak yang berhenti di pinggir jalan buat nonton orang nguruk sampah. Ngapain coba? Kayak orang baru turun gunung aja, sampai nguruk sampah pun ditonton... 


Benar-benar, masyarakat Indonesia sepertinya memang kekurangan hiburan.

Lebih baru Lebih lama