Zenfone Selfie Cuma Bisa Fastboot Mode? Ini Cara Perbaikannya

Fastboot Mode


Singkat cerita gini, gue abis coba update dan ngoprek, ternyata Zenfone Selfie (ZS) gue cuma bisa munculin fastboot mode aja, kayak gambar di atas. Mau dipencet tombol apapun, masuknya fastboot. Tadinya kirain tombol volume down rusak. Bahkan cuma dicolok charger aja tanpa pencet apa-apa, langsung ke fastboot. Nggak bisa masuk recovery, nggak bisa sideload, nggak bisa masuk ke homescreen. Udah copot baterai, ganti baterai, ganti kabel USB, sama aja. Cuma bisa ke fastboot.


Nge-brick? Belum dong. Gini cara perbaikannya.

1. Download Fastboot tools dari sini. Terus ekstrak ke folder sesuka lo di PC.

2. Nyalakan ZS, terus colok ke PC pakai kabel USB.

3. Buka command prompt with administrator, masuk ke direktori tempat fastboot tool tadi diekstrak, terus ketik perintah fastboot devices. Kalau muncul tampilan kayak gini, ada semacam serial number, itu artinya ZS sudah terkoneksi ke PC. Kalau nggak ada, ya install dulu driver ZS lo.

command prompt

4. Download file Raw firmware buat ZS. Ukurannya gede loh, 1,3 GB.
(update 08/2022) berhubung ponselnya juga sudah rusak dan file yang berkaitan sudah dihapus, jadi tidak bisa di-upload).

5. Setelah di-download, ekstrak raw firmware tadi ke PC.

6. Dari ekstrakan tadi, cari dan jalankan file bernama update_image.bat.

7. Proses flashing bakal jalan. Nanti di command prompt itu bakal muncul tulisan "flashing blablala...OKAY" dst. Diemin aja sampai muncul tulisan "Press any key to continue".

8. ZS bakal restart, dan ZS lo bakalan sembuh dan berisi Android 5.0.2

Thanks to Masum Patwary for providing the guide & the file.
Lebih baru Lebih lama