Cara Mengatasi Optimizing App di Android yang Selalu Muncul Tiap Restart

Android is upgrading

Sehabis melakukan update OS Android, sewaktu restart biasanya akan muncul gambar kayak di atas. Nah gimana kalau proses "Android is upgrading" itu muncul tiap kali restart? Malah dalam beberapa kasus ada yang stuck disitu aja sampai bermenit-menit, atau bahkan berjam-jam.

Masalah ini gue alami di Asus Zenfone Selfie (Android 6.0.1). Padahal nggak abis update, tapi Optimizing app 1 of 1 muncuuuuul terus tiap restart, dan gue harus nunggu kira-kira 10 menit lebih, baru bisa masuk ke OS. Gue jadi penasaran, app apa sih yang di-optimize ini, dan gimana cara nyari app yang menyebabkan stuck itu?

Setelah googling, ada yang bilang app yang menyebabkan masalah itu macam-macam. Mulai dari VLC, TrueCaller, Google Calendar, Facebook, dll. Ada juga yang bilang solusinya harus clear cache dan clear ART/Dalvik lewat recovery mode. Sampai ada yang bilang harus factory reset.

Gue udah lakuin itu semua, kecuali factory reset, dan ngga ada yang berhasil. Akhirnya gue nemu cara ini, dan berhasil menghilangkan Optimizing app 1 of 1 tanpa harus factory reset atau kehilangan data. Gini caranya:

1. Install app yang namanya Logcat Extreme dari Play Store. Syaratnya udah harus root ya.
2. Jalanin Logcat, biarin dia jalan sampai lama. Kemudian klik tombol Search dan tulis Dexo yang merupakan kependekan dari Dexoptimizer.

Logcat Extreme

3. Dari situ bakalan muncul nama-nama app yang jadi biang kerok, yang bikin lama sewaktu Optimizing app. Cara cari tau app-nya begini. Lihat gambar di bawah yang dilingkari. Disitu terlihat nama paketnya adalah com.google.android.youtube. Udah ketauan dong kalo itu adalah app Youtube.

Logcat Extreme

4. Langkah selanjutnya udah pasti ya uninstall app Youtube. Oh ya, contoh kasusnya bisa beda-beda di tiap smartphone. Di ponsel gue bisa jadi Youtube yang bermasalah, tapi di ponsel lo belum tentu Youtube. Makanya, uninstall dulu semua app yang nongol di hasil pencarian Dexo itu. Lalu kalau memang app itu penting banget buat lo, coba diinstal ulang satu-satu dulu sambil restart jadi ketauan yang mana yang bikin lama.

5. Setelah semua app yang bermasalah itu di-uninstall semua, coba deh restart. Pasti udah ngga muncul lagi "Optimizing app x of x"
Lebih baru Lebih lama