Ganti Speaker Buat Ampli Gitar Samick LA15R

Samick LA15R
Samick LA15R

Setelah 20 tahun menemani, sejak SMA kelas 2 , akhirnya speaker yang ada di ampli Samick LA15R gue akhirnya tumbang. Dengan tumbangnya speaker ini, mau tidak mau harus cari penggantinya. 


Tadinya sempat kepikiran buat beli ampli baru, tapi karena harganya yang tinggi, lebih baik ganti speakernya aja. Setelah googling kesana kemari, akhirnya ketemulah speaker buatan lokal yang katanya kualitasnya OK. Mereknya ACR seri 10″ ARRAY 2560 M FABULOUS.

Awalnya cukup ragu untuk beli ini speaker karena minimnya informasi yang bisa didapat. Di Youtube ada sampel videonya cuma kebanyakan dipakai buat speaker sound system, bukan dipakai di ampli gitar. Di web juga nggak nemuin informasi atau testimoni dari orang yang udah pakai speaker ini di ampli gitar.

Tipe speaker

Ok, sedikit pencerahan buat yang mau cari speaker pengganti di ampli gitar, carilah speaker yang tipenya full range. Seperti diketahui, jenis speaker itu ada macam-macam: Subwoofer, Woofer, Mid range, Full range, dan Tweeter. 

Nah, speaker full range itu range frekuensinya ada di sekitar 100 Hz - 5 Khz, walaupun itu bukan angka pasti. Angka itu gue comot dari speknya speaker Celestion yang memang khusus buat gitar. Tiap speaker yang mengklaim sebagai full range, punya range-nya sendiri-sendiri. 

Selain itu ada lagi angka-angka membingungkan di speaker lama gue. (Lihat gambar di bawah).

speaker amplifier
Keterangan di belakang speaker


Setelah melihat sebuah video dari Guitar World, ternyata angka-angka tadi nggak perlu dipusingin. Yang penting cuma tau ukuran diameter speakernya (biar pas di kotak amplinya) dan nilai impedance-nya. Di speaker lama gue terlihat nilai impedance-nya 8 Ohm.

ACR seri 10″ ARRAY 2560 M FABULOUS

Dengan berpegangan teori "ngasal" itu, akhirnya pilihan jatuh ke ACR seri 10″ ARRAY 2560 M FABULOUS yang memiliki range frekuensi 68 Hz - 6,2 Khz, max power 400W, dan impedance 8 0hm.

Jalanlah gue ke showroom-nya ACR di Ruko Glodok Plaza. Walaupun banyak yang jual di Toped dsb, untuk ini gue lebih milih beli langsung di tempat. 

Cuma sayangnya di showroom ACR ini, waktu gue kesana, yang ada cuma satu orang bagian penjualan aja. Ngga ada teknisi atau product manager yang bisa ditanya-tanyain. Tapi untuk soal harga ternyata harganya lebih murah ketimbang beli online. Di Toped gue nemu paling murah harganya Rp505.000. Di showroom harganya, coba tebak?

Rp502.500....Hahahah beda 2500 perak. Ga pa pa lah, yang penting gue dapat barang baru dan dijamin asli. Tapi sayangnya ngga ada garansi.

Saat pemasangan pun tidak berjalan mulus, karena gue harus sedikit memodifikasi box ampli dikarenakan ukuran magnet ACR ini lebih besar dari yang lama dan bentuknya juga beda. 

speaker lama


ACR seri 10″ ARRAY 2560 M FABULOUS

FINAL THOUGHTS

Dengan harga separuh lebih murah dari speaker Celestion, gue merasa ACR ini cukup layak buat telinga "kaleng" gue ini (baca: Ngga begitu ngerti sound). Lagian juga ini ampli ngga pernah keluar kamar, alias cuma buat latihan aja. Intinya sih, dengan harga segitu sound yang dihasilkan ngga terdengar murahan macam dangdut gerobakan. 


Samick LA15R
LA15R tampak belakang 

Lebih baru Lebih lama