UItah di Indonesia

ultah
Photo by Ami Suhzu

Ada yang unik soal perayaan ulang tahun di Indonesia pada umumnya. Di luar negeri sana, biasanya yang ultah mendapat surprise party atau teman-temannya saling koordinasi buat ngasih hadiah atau apalah gitu. Tapi di Indonesia, kayaknya bukan itu yang terjadi.  

Yang ada, orang yang merayakan ultah itu justru ditodongin traktiran dan sebagainya, tanpa ada sesuatu yang diberikan sebagai imbal balik. Bukannya ngarep sesuatu, sebenarnya sih ucapan happy birthday aja udah cukup selama itu diucapinnya pas hari H.

Nah, ini nih yang bikin saya bingung. Apa sih sebenarnya tujuan orang-orang yang minta traktiran? Apa mereka cuma mau makan gratis, mau numpang eksis, ngerjain orang yang ultah, atau mau bikin orang yang ultah merasa bersalah?

Saya pikir, perayaan ulang tahun itu seharusnya jadi momen spesial buat orang yang ultah. Bukan jadi momen penderitaan atau penyesalan.

Kalau saya sih, lebih suka kalau teman-teman saya ngasih saya sesuatu yang berkesan. Misalnya, kartu ucapan yang lucu, foto-foto kenangan, video-video kocak, atau barang-barang unik. 

Tapi kalau cuma minta traktiran doang, ya maaf aja deh. Saya nggak punya uang atau waktu luang. 

Jadi, kalau ada yang mau ngucapin happy birthday ke saya, tolong jangan minta traktiran ya. Cukup bilang "Selamat ulang tahun" dengan senyum lebar yang tulus. Itu sudah lebih dari cukup buat saya.

Kalau nggak bisa gitu, ya udah deh. Saya cuek aja. Saya pura-pura nggak denger. Saya pura-pura lupa. 
Lebih baru Lebih lama