Jauh atau Dekat, Pakai Helm Wajib Hukumnya

cewek pakai helm
Photo by Apostolos Vamvouras

Sebagai seorang pengendara motor, helm tentu merupakan sebuah perangkat yang hukumnya wajib, kudu, musti dipakai. Tapi di jalan sering banget lihat orang yang males pake helm, apalagi yang namanya cewek. Entah apa yang membuat cewek itu males banget pake helm. Seandainya pun mau pake, itu juga bukan helm yang full face, tapi cuma helm sekedar nemplok di kepala.


Atau kadang kalau dibonceng, yang cowoknya pake helm full face tapi yang ceweknya cuma pake helm cetok. Saya berpikir, itu ceweknya yang ngga mau pake helm atau si cowok yang ngga sayang ama ceweknya. Lebih parah lagi kalo ada orangtua yang pake helm full face tapi anaknya ngga dikasih helm. Itu orang ngga sadar apa kalo seandainya dia jatuh, mungkin dianya selamat. Tapi bagaimana dengan yang dibonceng dan ngga pake helm?

Terus ada lagi alasan orang ngga mau pake helm. Alasannya adalah "ahh deket kok, Cuma ke situ aja ngapain pake helm". Emang kalo jatuh, jauh deket jarak perjalanan ada pengaruhnya ya? Biarpun dekat kalo jatuhnya parah ya bisa fatal juga.

Nah yang lebih parah lagi kalo pake alasan, "ahh kalo nasibnya celaka sih celaka aja, mau pake helm ato ngga". Sekarang kalo pertanyaan itu dibalik, apa yang ngomong itu berani nyebrang jalan tol sambil matanya ditutup. Kan katanya kalo celaka ya celaka aja.

Kenapa ogah pakai helm?

Takut rambutnya berantakan

Saya pernah denger sih, ada beberapa alasan kenapa cewek nggak suka pake helm. Salah satunya adalah karena takut rambutnya rusak atau lepek. Ya, memang sih, pake helm bisa bikin rambut kita jadi berantakan atau lepek. Tapi itu kan gak masalah. Kita bisa kok ngerapihin rambut kita lagi setelah lepas helm. Atau kalo mau lebih praktis, bisa pake bandana atau topi di bawah helm biar rambut kita tetap rapi dan bersih.

Takut muka jerawatan

Alasan lain yang sering saya denger adalah karena takut muka mereka jadi panas atau jerawatan. Ya, memang sih, pake helm bisa bikin muka kita jadi lebih panas dan berkeringat. Tapi itu juga gak masalah. Kita bisa bersihin muka kita setelah lepas helm. Atau kalo mau lebih aman, kita bisa pake masker atau sunblock di bawah helm biar muka kita tetap sehat dan cantik.

Nggak cocok dengan gaya

Nah, alasan terakhir yang paling sering saya denger adalah karena nggak ada helm yang cocok sama gaya mereka. Ya, memang sih, helm itu ada macem-macem bentuk dan warnanya. Tapi itu kan malah bagus. Kita bisa pilih helm yang sesuai sama selera dan kepribadian kita. 

Jadi, intinya adalah nggak ada alasan yang valid buat nggak pake helm pas naik motor. Helm itu bukan cuma buat menghindar dari tilang atau denda dari polisi. Helm itu buat melindungi diri kita sendiri dari bahaya yang mengintai di jalan. Helm itu juga bukan cuma buat ngejaga keselamatan tapi juga buat ngejaga penampilan dan kesehatan kita.

Makanya, yuk mulai sekarang kita pake helm setiap kali naik motor. Nggak usah malu atau males pake helm. Justru dengan pake helm kita bisa lebih percaya diri dan bangga sama diri sendiri. Kita juga bisa jadi contoh yang baik buat orang lain yang masih nggak pake helm. 
Lebih baru Lebih lama